Translate

Bauran promosi (promotion mix)

 

Bauran promosi adalah kombinasi strategi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, personal selling, promosi lain yang kesemuanya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan

Macam-macam promotion mix


1. Periklanan (Advertising
Segala bentuk komunikasi non personal mengenai suatu organisasi, produk barang, jasa atau ide yang dibayar oleh satu sponsor yang diketahui


2. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan membeli / mencoba suatu produk atau jasa
3. Personal Selling (Penjualan Tatap Muka)
Presentasi pribadi wiraniaga perusahaan dengan tujuan melakukan penjualan dan membangun hubungan dengan pelanggan.



4. Public relation & Publisitas (Publicity)
Segala bentuk komunikasi non personal yang tidak berbayar mengenai suatu gagasan, barang/jasa. Publisitas biasa dikenal dengan Hubungan Masyarakat (PR). Kegiatannya misalnya Bakti sosial. 

5. Direct Marketing (Pemasaran Langsung)

Pemasaran yang menggunakan berbagai media untuk berinteraksi langsung dengan konsumen, biasanya menelepon konsumen untuk mendapat respons langsung.
contoh bentuk promosi Direct Marketing  : penjualan tatap muka, pemasaran direct mail, telemarketing

6. Sponsorship

Dukungan keuangan maupun maupun materi lain kepada suatu organisasi, orang, kegiatan, maupun aktivitas yang dipertukarkan dengan publisitas merek dalam suatu hubungan kerjasama.

7. Digital marketing
Pemasaran produk atau layanan yang menggunakan teknologi digital, terutama di Internet, tetapi juga termasuk telepon seluler, iklan bergambar, dan media digital lainnya. 

8. Citra perusahaan
Citra perusahaan sendiri adalah persepsi dari perusahaan yang terekam dalam ingatan konsumen.
Dengan terbentuknya citra yang baik dimata pelanggan, hal ini akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DESAIN PRODUK ELEKTRONIK

  Pengembangan Desain dan Produksi Produk Elektronika Praktis   Produk Rekayasa Elektronika Praktis menjadi bagian kebutuhan manusia dal...