PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah proses menciptakan, mengkomunikasikan dan menyerahkan nilai yang bertujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk dan jasa.
1. KONSEP PEMASARAN
Kebutuhan, keinginan, dan permintaan.
Kebutuhan : segala sesuatu yang diperlukan manusia dan harus dipenuhi
Keinginan : hasrat untuk memperoleh pemuas kebutuhan
Permintaan : keinginan akan roduk tertentu yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membayar dan membelinya
Penawaran pasar produk, pelayanan dan pengalaman.
Penawaran pasar : kombinasi dari produk, pelayanan, informasi, pengalaman yang ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi kebutuhan
Nilai pelanggan dan kepuasan
Nilai pelanggan dilihat sebagai kombinasi antara mutu, jasa, dan harga yang mencerminkan manfaat dan biaya berwujud dan tak berwujud.
Kepuasan : penilaian seseorang akan kinerja produk yang dirasakan sesuai dengan harapannya
Pertukaran dan hubungan
Pertukaran : tindakan untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
Pasar
Pasar : kumpulan semua pembeli sebenarnya dan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan akan produk dan mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan tersebut
2.PROSES PEMASARAN
A. Pengenalan Pasar
Upaya utk mengetahui jumlah, karakteristik & sifat sebuah pasar.
B. Menentukan Strategi Pemasaran
Cara yg digunakan utk membuat dan menjual produk sesuai dg perusaahaan & target pasar
C. Menentukan Alat Pemasaran
Alatnya : bauran pemasaran, distribusi, pelayanan, dan kekuasaaan.
D. enetapan Harga
Elemen yg menghasilkan laba di dalam rencana pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar